Cara Terbaik untuk Mereset Jaringan Home Router

Oleh:   Athharkautsar Athharkautsar   |   8/27/2017 08:35:00 PM
Kamu mungkin ingin me-reset router jaringan kamu jika kamu tidak dapat mengingat kata sandi administrator, kamu lupa kunci keamanan nirkabel jaringan, atau kamu mengatasi masalah konektivitas. Beberapa metode reset router yang berbeda dapat digunakan tergantung pada situasi.

Hard reset

Hard reset adalah tipe reset router yang paling drastis yang paling sering digunakan saat administrator lupa kata sandinya atau kunci dan ingin memulai lagi dengan pengaturan baru. Karena perangkat lunak pada router disetel ulang ke default pabrik, hard reset akan menghapus semua penyesuaian, termasuk kata sandi, nama pengguna, kunci keamanan, pengaturan port forwarding, dan server DNS khusus. Hard reset tidak menghapus atau mengembalikan versi firmware router yang saat ini diinstal.

Tips: Untuk menghindari komplikasi konektivitas internet, putuskan modem broadband dari router sebelum melakukan hard reset.

Bagaimana cara melakukannya:
  • Dengan router menyala, putar ke sisi yang memiliki tombol Reset. Mungkin di bagian belakang atau bawah.
  • Dengan sesuatu yang kecil dan runcing, seperti penjepit kertas, tahan tombol Reset selama 30 detik.
  • Setelah melepaskannya, tunggu 30 detik lagi agar router mereset dan menyalakan kembali sepenuhnya.
Metode alternatif yang disebut aturan 30-30-30 hard reset melibatkan menahan tombol reset selama 90 detik, bukan 30 dan dapat dicoba jika versi dasar 30 detik tidak berfungsi. Beberapa produsen router mungkin memiliki cara yang lebih baik untuk me-reset router mereka, dan beberapa metode untuk mengatur ulang router mungkin berbeda antar model.

Power Cycling

Mematikan dan menerapkan kembali daya ke router disebut power cycling. Ini digunakan untuk pulih dari gangguan yang menyebabkan router menjatuhkan koneksi, seperti korup pada memori internal unit, atau kepanasan. Siklus daya tidak menghapus kata sandi tersimpan, kunci keamanan, atau pengaturan lain yang disimpan melalui konsol router.

Bagaimana cara melakukannya:
Power ke router dapat dimatikan baik oleh saklar on / off unit (jika ada) atau dengan mencabut kabel daya. Router bertenaga baterai harus menghapus baterai mereka. Beberapa orang suka menunggu 30 detik karena kebiasaan, tapi tidak perlu menunggu lebih dari beberapa detik antara mencabut dan memasang kembali kabel listrik router. Seperti halnya dengan hard reset, router membutuhkan waktu setelah power dipulihkan untuk melanjutkan operasinya.

Soft Resets

Saat mengatasi masalah konektivitas internet, hal ini dapat membantu mengatur ulang koneksi antara router dan modem. Bergantung pada bagaimana kamu ingin melakukannya, ini mungkin melibatkan penghapusan koneksi fisik di antara keduanya, tidak memanipulasi perangkat lunak atau menonaktifkan kekuatan. Dibandingkan dengan jenis reset lainnya, soft reset berlaku hampir seketika karena tidak memerlukan router untuk melakukan reboot.

Bagaimana cara melakukannya:
Secara fisik cabut kabel yang menghubungkan router ke modem lalu sambungkan kembali setelah beberapa detik. Beberapa router menyertakan tombol Disconnect / Connect pada konsol mereka; Ini mengatur ulang koneksi antara modem dan penyedia layanan.

Beberapa merek router termasuk Linksys menyediakan pilihan menu di konsol mereka yang disebut Restore Factory Defaults atau yang serupa. Fitur ini menggantikan pengaturan yang disesuaikan dengan router. Dengan yang asli ada di pabrik, tanpa memerlukan hard reset. Beberapa router juga menampilkan tombol Reset Security pada layar konsol Wi-Fi mereka. Menekan tombol ini akan menggantikan subset dari pengaturan jaringan nirkabel router dengan default sementara membiarkan pengaturan lain tidak berubah. Secara khusus, nama router (SSID), enkripsi nirkabel, dan pengaturan nomor saluran Wi-Fi semuanya dikembalikan.
Untuk menghindari kebingungan seputar pengaturan yang diubah pada reset keamanan, pemilik Linksys dapat menghindari opsi ini dan menggunakan Restore Factory Defaults sebagai gantinya.
Cara Terbaik untuk Mereset Jaringan Home Router


0 Komentar