5 Langkah Agar IPad Kamu Terkoneksi dengan Wi-Fi

Oleh:   Athharkautsar Athharkautsar   |   8/26/2017 09:50:00 AM
Sekarang ini sudah banyak model iPad yang menawarkan koneksi internet 4G LTE agar komsumennya dapat terhubung pada internet dan bisa membuat penggunanya online di mana saja asalkan terkoneksi dengan provider yang memadahi dan terhubung dengan data seluler. Kebanyakan orang memiliki iPad hanya online menggunakan Wi-Fi. Meski tidak seperti jaringan seluler 4G, jaringan Wi-Fi cukup mudah ditemukan. Entah kamu berada di kantor atau rumah kamu, kedai kopi atau restoran, kemungkinan disana tersedia jaringan Wi-Fi.

Tapi menemukan jaringan Wi-Fi hanyalah langkah awal untuk mendapatkan iPad kamu secara online. Beberapa jaringan Wi-Fi umum tersedia bagi siapa saja (walaupun beberapa di antaranya memerlukan pembayaran). Sementara banyak juga yang mengunci akses Wi-Fi mereka dan kamu harus bersusah payah untuk mendapatkan kata sandinya. Artikel ini akan membantu kamu untuk terhubung ke Wi-Fi dengan mudah.

Menghubungkan iPad ke Wi-Fi
Bila kamu ingin iPad-mu terkoneksi dan bisa mengakses internet, maka ikuti langkah-langkah ini untuk terhubung ke Wi-Fi:
  1. Dari layar awal iPad, ketuk Settings.
  2. Pada layar Pengaturan, ketuk Wi-Fi.
  3. Untuk memulai pencarian iPad di dekat jaringan nirkabel, gerakkan slider Wi-Fi ke hijau. Dalam beberapa detik, daftar semua jaringan di dekat kamu akan ditampilkan. Yang jadi permasalahan adalah apakah masing-masing jaringan mereka bersifat publik atau pribadi, dan seberapa kuat sinyalnya. Jika kamu tidak melihat jaringan, mungkin tidak ada dalam jangkauan.
  4. Dalam banyak kasus, kamu akan melihat dua jenis jaringan Wi-Fi: publik dan pribadi. Jaringan pribadi memiliki ikon gembok di sebelahnya. Yang umum tidak memiliki ikon. Untuk menyambung ke jaringan publik, cukup ketuk nama jaringan. IPad kamu akan mencoba terhubung dengan jaringan dan jika berhasil nama jaringan akan beralih ke bagian atas layar dengan tanda centang di sebelahnya. Menandakan kamu telah terhubung ke Wi-Fi! Kamu sudah selesai dan bisa mulai menggunakan internet.
  5. Jika kamu ingin mengakses jaringan pribadi, kamu memerlukan kata sandi. Ketuk nama jaringan dan masukkan kata sandi jaringan di jendela pop-up. Kemudian ketuk tombol Join di pop up. Jika kata sandi kamu benar, kamu akan terhubung ke jaringan dan siap untuk menjelajahi web. Jika tidak, coba masukkan kata sandi lagi (dengan asumsi sudah ada yang benar).
Pengguna tingkat lanjut dapat mengeklik ikon i di sebelah kanan indikator kekuatan sinyal jaringan untuk mengakses lebih banyak pengaturan konfigurasi teknis. Pengguna sehari-hari tidak perlu melihat opsi ini.

CATATAN: Di samping masing-masing nama jaringan ada ikon Wi-Fi tiga baris. Ini menunjukkan kekuatan sinyal jaringan. Semakin banyak bar hitam di ikon itu, mak semakin kuat sinyalnya. Pastikan kamu selalu terhubung ke jaringan dengan lebih banyak bar. Hal ini akan lebih memudahkan untuk terhubung dan akan memberikan koneksi yang lebih cepat.

Shortcut untuk Menghubungkan ke Wi-Fi: Control Center
Jika kamu ingin online cepat dan berada dalam jangkauan jaringan yang pernah kamu koneksikan sebelumnya (misalnya di rumah atau kantor), kamu dapat mengaktifkan Wi-Fi dengan cepat menggunakan Control Center. Untuk melakukan ini, tarik ke atas dari bagian bawah layar. Di Control Center, ketuk ikon Wi-Fi agar disorot. IPad kamu akan terhubung dengan jaringan Wi-Fi terdekat yang sudah terhubung dengan sebelumnya.

Menghubungkan iPad ke iPhone Personal Hotspot
Jika tidak ada jaringan Wi-Fi di dekatnya, namun ada iPhone yang terhubung ke jaringan 3G atau 4G, kamu masih bisa mendapatkan iPad kamu secara online. Dalam hal ini, kamu perlu menggunakan fitur Hotspot Pribadi yang ada di dalam iPhone untuk berbagi koneksi datanya (ini juga dikenal sebagai tethering). IPad terhubung ke iPhone via Wi-Fi.

1 Komentar
avatar

semakin canggih dengan 4g lite mudah terkoneksi internet

Balas